Nama: Noni Marine Nindya
NPM: 15111203
Kelas: 2KA18
NPM: 15111203
Kelas: 2KA18
Definisi Menurut Wayne(2001) didefinisikan sebagai pertunjukan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari organisasi.
Jenis dan Proses Komunikasi
Proses komunikasi
merupakan wahana penyampaian teks sekaligus penyedia gambaran dari jenis dan
tingkatan berbeda dalam komunikasi dan dalam proses komunikasi,
manajemen puncak
harus membangun proses komunikasi terbuka dan jujur sehingga bisa diterima
setiap karyawan.
Jenis-jenis dalam
komunikasi dalam organisasi bisa melalui:
- Message, merupakan kemasan substansi informasi perusahaan
- Media, merupakan serangkaian pilihan alat dan saluran komunikasi
- Receipt, merupakan penerimaan pesan-pesan perusahaan kepada audiensi yang dikehendaki oleh perusahaan
- Understan, setelah pesan diterima, maka diharapkan audiens memahami maksud dan tujuan dari isi pesan perusahaan (proses internalisasi)
- Retain, tindakan audiensi apakah mereka melaksanakan isi pesan atau apakah isi pesan diterima dan dipahami oleh audiesni terhapus lantaran informasi yang berlebihan
- Impact. perusahaan perlu mengetahui, apakah isi pesam yang di maksud berpengaruh terhadap sikap dan perilaku audiensi dalam pengambilan keputusan
Berbagai jenis
syestem yang telah di buat untuk membantu proses komunikasi yang di lakukan
dalam sebuah organisasi, khususnya organisasi bisnis, baik antar personal,
antar bagian dalam organisasi maupun dengan pihak2 diluar organisasi, yang
dalam hal ini setidaknya ada enam jenis system informasi formal yaitu:
1. Sistem pemrosesan transaksi (Transaction-processing system)
1. Sistem pemrosesan transaksi (Transaction-processing system)
2. Sistem
informasi manajemen (MIS)
3. Sistem
pendukung pengambilan keputusan (Decision support system)
4. Sistem
informasi eksekutif (excutive information system)
5. Sistem jaringan
internal (intranet)
6. Sistem pintar
(expert system) yang secara khusus di buat untuk mempresentasikan berbagai
informasi yang di perlukan sebagai referensi bagi pihak2 tertentu.
Implikasi Manajerial
Pada bagian ini
peneliti menyajikan berbagai implikasi kebijakan yang dapat di hubungkan dengan
temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini. Implikasi manajemen
memberikan kontribusi praksis bagi manajemen.
Daftar Pustaka
Umar, Husein. Komunikasi Dalam Organisasi. Jakarta: Gramedia: 2004.
Zuhal. Knowledge and innovation platform kekuatan daya saing. Jakarta: Gramedia: 2010.
Wiweko, Hidayat. Dasar bisnis dan manajemen. Jakarta: Universitas Mercu Buana: 2011.
No comments :
Post a Comment